Fakta di Balik Warna Seragam Sekolah di Indonesia

News 12 April 2017 By Koperasi Namastra

Pernahkah Anda berpikir mengapa ada 3 jenis warna seragam yang berbeda di Indonesia? Warna putih merah untuk siswa SD, putih biru untuk siswa SMP, dan warna putih abu-abu untuk siswa SMA. Hal ini tentunya tidak ditentukan begitu saja tanpa adanya sebuah alasan. Lantas apa sih makna di balik warna-warna ini?

Selain sebagai wadah untuk menunjukkan identitas sekolah, seragam juga melambangkan kesetaraan status sosial antar siswa. Karena dengan adanya seragam sekolah, siswa dari seluruh kalangan akan memiliki kesetaraan dalam penampilan.

Warna merah pada celana atau rok dari seragam SD menggambarkan energi dan semangat tinggi, yang secara tak langsung menggambarkan karakter siswa SD yang selalu cerita setiap saat. Sedangkan warna biru dipilih sebagai bawahan dari seragam SMP karena dinilai mencerminkan kecerdasan dan kepercayaan diri. Karena rentang umur dari siswa SMP masih termasuk dalam kategori usia tanggung, warna ini diberikan agar makna di balik warna biru tersebut dapat tercermin dalam keseharian siswa SMP. Warna abu-abu sebagai bawahan dari seragam SMA dinilai menggambarkan ketenangan dan kedewasaan karena usia siswa SMA merupakan yang paling matang dibandingkan dengan dua tingkatan sebelumnya. Siswa SMA diharapkan sudah mampu untuk bertindak lebih dewasa dan tenang dalam berpikir.

Aturan mengenai warna seragam juga tertulis pada Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982.